Ukuran gambar atau project

Posted on
  • 20.5.11
  • by
  • Unknown
  • in
  • Materi:
  • Sesaat saya memperhatian teman saya yang sedang belajar Photoshop. Setiap kali dia membuat file baru, pilihan yang dipilih selalu dalam hitungan ribuan pixel.
    Jadi pertanyaan pada topik kali ini adalah, berapa ukuran terbaik untuk project photoshop saya?

    Coba kamu lihat gambar berikut ini.

    Ini adalah layar pertama kali yang akan muncul ketika kita memulai membuat file baru pada Photoshop dengan menggunakan perintah menu File + New atau kombinasi CTRL + N pada keyboard.

    Yang ingin saya jelaskan di sini bahwa, dalam menentukan ukuran dari image kita, hal terpenting yang harus kita ingat adalah, untuk apakah tujuan akhir dari project kita. Misalnya untuk keperluan web design, keperluan printing, keperluan cetak foto dan sebaginya.
    Setelah kita tahu untuk apa hasil akhir pemakaian foto hasil adobe nanti, tinggal saatnya menentukan bahwa:
    1. Dalam membuat design untuk website, maka kita memerlukan file hasil akhir nanti sekecil mungkin n namun dengan kualitas yang masih baik sehingga akan cepat terbuka dalam website. Biasanya ukuran yang saya pakai untuk mendesign sebuah website adalah dengan menggunakan Resolusi 72 pixels/inch atau maximal 100 pixels/inch.  Setelah itu tinggal menentukan ukuran dari project website kita, misalnya 1000 x 800 pixels. 1000 adalah lebar dan 800 untuk tingginya. Setelah itu akan kamu dapatkan ukuran dari project kamudi pojok kanan bawah.
    2. Sedangkan untuk keperluan yang lain misalnya adalah keperluan percetakan atau printing. Kita memerlukan hasil akhir dengan resolusi terbaik. Yang terpenting dalam hal ini adalah memberikan resolusi yang tinggi. Misalnya ukuran membuat sebuah banner dengan ukuran 120 CM x 60 CM. Maka silahkan di isi pada Lebar: 60 CM dan Tinggi 120, dan pada resolusi di isi 300 pixels. 
    Permasalahan yang ada ketika kita menentukan ukuran pixels yang terlalu tinggi, maka memory yang akan dipakai juga akan tinggi. Itulah kenapa untuk perusahaan percetakan memang membutuhkan komputer dengan konfigurasi yang tinggi.

    Jadi untuk kamu yang memiliki komputer sedang-sedang saja, jangan coba-coba menggunakan resolusi terlalu tinggi, atau siap-siap saja komputer kamu akan hang.

    Untuk teman saya Abho, silahkan saja membuat sebuah project dengan Lebar dan Tinggi ribuan, namun perhatikan resolusinya, supaya komputer kamu tidak meronta-ronta.

    Comment jika ada pertanyaan.

    0 Koments:

    Posting Komentar

     
    KursusNet (c) 2011 Kursus Gratis bersama:Deby Qibrata
    Semua tutorials dalam KursusNet ini gratis dan telah dicoba secara langsung sebelumnya, jadi saya pastikan mudah dipahami dan mujarab. Silahkan tinggalkan pesan jika ada kesulitan